Tiap pom bensin memiliki kode depan masing-masing..dimana anda bisa mengetahuinya ?
Berikut tips buat isi di Pom Bensin yang bagus:
1. LEBIH BAIK ISI DI POM BENSIN PERTAMINA KODE 31 atau (Angka Kedua 1)
Pernah memperhatikan plang nama besar saat menuju ke SPBU? Di wilayah
Jakarta dan sekitarnya tertera huruf 31.XXXXX atau 34.XXXXX. itu bukan
kode buntut. Huruf awal pertama menandakan kode wilayah, sedangkan angka
kedua mengandung arti kepemilikan.
Ini contoh gambar dengan kode tanda pom bensin.
Kepala 3 berarti SPBU berdomisili di Jakarta Jawa Barat, Banten dan sekitarnya. Kalo kepala 5 kayaknya Surabaya.
Digit kedua, jika angka 1 berarti kepemilikan Pertamina sendiri.
Sedangkan angka 4 berarti kepemilikan swasta atau dealer..jadi yang
penting angka keduanya 1 gak masalah berapapun angka pertamanya karena
itu kode wilayah .
Karena, sebenarnya ada tiga kategori SPBU. Pertama COCO alias corporate
owner corporate operate, CODO yakni corporate owner dealer operate.
Terakhir DODO, dealer owner dealer operate. Ini berdasar pada situs
spbu.pertamina.com
Karena dikendalikan oleh pertamina, maka kualitas SPBU model COCO dan
CODO diyakini lebih baik dibanding DODO. Tanpa bermaksud menyamaratakan,
di sisi bisnis bisa dimengerti, karena ingin cepat balik modal,
pengusaha jadi berlaku curang. kalo saya sih nyaranin ngisi bensin
sebaiknya di SPBU yang milik Pertamina (angka keduanya 1) karena quality
control-nya cukup bagus..
Saya denger2 juga dari supir taksi dan orang2 yang telah pengalaman
ngecek pas ngisi bensin katanya yang kode 31 (Angka Kedua 1)takarannya
sesuai sedangkan yang 34 agak berbeda meskipun punya tanda "PASTI PAS".
Menurut banyak orang juga kode pertamina 31 (Angka Kedua 1) ternyata paling baik (kualitas bensin) dibanding dengan yang kode 34.
Cara membuktikannya:
1. Coba bagi anda yang menggunakan mobil/ motor matic, pastinya akan terasa
tarikan mobilnya .jika mengisi bensin di pertamina dengan tanda kode 31
(Angka Kedua 1)akan terasa tarikan mobilnya lebih kencang dan tidak
terlalu kotor dibanding dengan tanda pom dengan tanda kode lainnya
2. Coba anda bandingkan jumlah mobil/ motor yang ngisi bensin di pom bensin
tersebut,,,di pom bensin kode 31(Angka Kedua 1) pasti sangat ramai
sedangkan yang kode 34 agak cenderung sepi..ini udah saya buktikan
sendiri.
3. Coba anda ngisi 1 Liter bensin di Pom bensin 31 (Angka Kedua 1)dan pom
bensin 34..bandingkan aja dari sisi kualitas (mesin lebih enak) maupun
kuantitasnya (yang mana yang lebih cepat habis)..
4. Coba anda tanya sama supir angkot atau supir taksi dimana pom bensin
yang bagus, pasti sebagian besar mereka jawab di pom bensin 31 (Angka
Kedua 1)karena mereka juga banyak ngisi di pom bensin 31
Kalo gak percaya bisa dibuktikan sendiri anda...tapi gak semua 34 juga yang seperti itu.
2. TIAP ISI BENSIN MINTA KEPADA PETUGASNYA TUAS HANDLE SELANG JANGAN DITEKAN TAPI DILEPAS AJA WAKTU DITARUH DI TANGKI KITA
Pernah gak anda sewaktu ngisi bensin, tuasa handle ditekan2 begitu sama
petugasnya? pasti pernah lah nemuinnya...kenapa begitu? karena banyak
oknum yang nakal memainkan takaran bensin dengan cara
seperti itu sehingga jumlah bensin yang kita isi lebih sedikit dari apa
yang seharusnya..
Pengalaman saya ngisi di pom bensin kode 31 (Angka Kedua 1), petugas gak
pernah menekan-nekan tuas handle selang sewaktu mengisi sedangkan di
kode 34 liat aja deh. kalo anda sewaktu ngisi bensin digituin,
petugasnya ditegur aja..
3. ISILAH BENSIN WAKTU HARI MASIH PAGI KETIKA TEMPERATUR TANAH MASIH DINGIN
Ingat bahwa semua SPBU mempunyai tanki penyimpanan di bawah
tanah.Semakin dingin tanahnya maka semakin padat/kental bahan bakarnya.
Jika temperatur mulai panas/hangat, maka bahan bakarnya akan mengembang.Jadi jika membeli bahan bakar pada siang hari atau petang
hari..sebenarnya bahan bakar yang diisikan ke dalam tanki kendaraan anda
jelas lebih sedikit dibanding jumlah liter yang anda beli.Dalam bisnis
perminyakan, gravity yang spesifik dan temperatur bensin, diesel dan
bahan bakar pesawat jet, ethanol dan produk minyak lainnya punya peranan
penting. Kenaikan 1 derajat merupakan hal yang sangat berpengaruh dalam
business ini. Tetapi SPBU tidak memberikan anda rugi/kompensasi karena
temperatur
4. ISI BENSIN SAAT TANKI KENDARAAN ANDA MASIH SETENGAH PENUH.
Alasannya adalah semakin banyak bahan bakar yang ada di tanki kendaraan,
maka semakin sedikit udara yang ada di bagian tanki yang kosong. Bensin
menguap lebih cepat dari pada yang bisa kita bayangkan. Dalam bisnis
perminyakan biasanya tanki penyimpanan bensin mempunyai apa yang kita
sebut atap yang mengapung (floating roof) yang berfungsi sebagai
clearance zero antara bensin dan atmosfer sehingga penguapannya bisa
dikurangi.,tetapi hal itu tidak terdapat di SPBU.
5. JANGAN ISI BENSIN JIKA ADA TRUK BAHAN BAKAR SEDANG MENGISI TANKI PENYIMPANAN
Hampir pasti bensin/solar akan teraduk saat bahan bakar dipompakan dari
truck ke tanki penyimpanan SPBU, dan kemungkinannya akan ada kotoran di
dasar tanki penyimpanan yang teraduk naik dan terikut masuk ke tangki
kendaraan anda.
|
mampir mas bro ....
ReplyDeletesemoga sukses dengan blognya yang kereenn ...
salam.
Makasih udah mampir, pak..!!
DeleteBelom seberapa dibanding blog pak Em..
Ane kan masih newbie di dunia blog-blog'an ini.. :p